Tips dalam Mengatasi Lemari Yang Berjamur. Salah satu cara membersihkan lemari berjamur adalah dengan menggunakan lap atau kapas yang sudah diolesi alkohol 70% sampai 80%. Tapi jika jamur terlalu banyak, sebelum dilap menggunakan alkohol, lebih baik gunakan lap basah biasa terlebih dulu untuk membersihkan secara maksimal. Jika jamur tumbuh dalam lemari, jangan lupa untuk keluarkan pakaian dan benda lainnya dari dalam lemari supaya tidak kotor. Jika lemari sudah bersih dan kering kembali, barulah letakkan kembali pakaian Anda ke dalamnya. Namun, yang namanya jamur seringkali tumbuh berulang kali terutama jika kondisi lembab masih terjadi di Rumah Minimalis kita. Oleh karena itu terdapat cara untuk mencegahnya datang kembali, yakni:

1. Membuka jendela setiap hari Atau Menggunakan Kipas Angin dapat mengurangi kelembaban ruangan di musim hujan.
2. Letakkan alas papan kayu di bawah lemari untuk menghindari hawa lembab dari lantai ruangan.
3. Beri jarak antara lemari dengan dinding karena biasanya di musim hujan dinding rumah menjadi lebih dingin dan lembab. Anda juga bisa melapisi bagian belakang lemari dengan plastik untuk mencegah bagian tersebut mendapat hawa lembab dari dinding.
4. Jangan lupa taruh pewangi, penyerap bau dan penyerap kelembaban dalam lemari jika memungkinkan untuk mencegah pakaian Anda ditumbuhi jamur.
5. Melapisi bagian dalam lemari dengan pernis atau melamin, bisa membantu menjaga warna asli lemari dan furnitur, serta membuat furnitur menjadi kedap air dan bebas jamur.
6. Menjemur lemari secara berkala tiap satu bulan sekali saat matahari terik juga bisa membantu meminimalkan resiko tumbuhnya jamur. Sebelum menjemur, jangan lupa keluarkan dulu pakaian bersih di dalamnya ya!

Itulah tips cara mengatasi lemari yang berjamur. semoga dengan tips tersebut lemari Anda bisa terbebas dari jamur yang membandel ya, Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat untu Rumah Minimalis Anda…

Sumber: Harian Kompas Klasika